Dewi Durga

Bookmark and Share


Dewi Durga adalah nama Dewi kepercayaan umat Hindu yang memiliki arti 'sulit dicapai' atau jauh. Dewi Durga ini biasanya digambarkan dengan sosok wanita cantik jelita dengan kulit berwarna kuning gading yang sedang menunggangi seekor harimau. Ia memiliki banyak tangan, namun salah satu tangannya mengambil posisi mudra, yang merupakan suatu gerakan tangan sakral yang biasa dilakukan oleh para pendeta Hindu.



Dewi Mudra ini merupakan dewi Kemenangan yang memiliki senjata berupa Cakram, petir, teratai, ular, gada, terompet, kerang, pedang, dan juga trisula. Dewi mudra ini memiliki tunggangan seekor harimau atau juga seekor singa. Dewi Durga ini juga merupakan Dewi yang dikenal sebagai pasangan dari Dewa Siwa. Dewi Durga merupakan seorang tokoh yang populer dan memiliki banyak peran bagi umat Hindu. Ia merupakan sosok pengasuh yang keibuan, namun juga merupakan prajurit yang tangguh dan juga ditakuti ala wonderwoman jaman sekarang :)



Dewi Durga merupakan Dewi yang memiliki posisi terpenting, karena ia dianggap sebagai salah satu dewi besar atau juga yang lebih dikenal dengan istilah Mahadewi. Dewi Durga merupakan sosok Dewi tangguh yang dapat diandalkan dan juga sangat ditakuti oleh para musuhnya.



Dewi Durga juga merupakan Dewi yang cukup dikenal di negara Indonesia ini. Bahkan konon katanya Candi Prambanan merupakan sebuah Candi yang dipersembahkan kepada Dewi Durga ini. Dewi Durga juga merupakan sosok Dewi yang paling di puja diantara umat Hindu. Dewi Durga juga melambangkan tentang belas kasih, moralitas, kekuatan dan juga perlindungan. Dewi Durga juga merupakan sosok ibu yang dihormati karena merupakan Ibu yang melindungi semua anak-anaknya dari segala masalah tanpa syarat apapun.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar