Mitos Hantu Air

Bookmark and Share

Hantu air adalah salah satu jenis hantu yang tinggal di menghuni area-area yang mengandung air seperti laut, sungai, telaga, dan lain sebagainya. Hantu ini merupakan hantu yang terbilang kuat dan mempunyai kemungkinan yang besar untuk membahayakan mereka yang berada di sekitar air dimana mereka menghuni.

Hantu air biasanya bisa menyamar menjadi seperti kayu yang terapung, yang namun dapat melemahkan dan menenggelamkan siapapun yang tak sengaja tersentuh olehnya. Atau juga wujudnya akan seperti tikar yang mengapung secara transparant di air laut. Yang akan menenggelamkan siapapun yang nekat dan penasaran untuk mendekatinya. Hantu air ini juga akan memancing siapapun yang berada di pinggiran air agar mau masuk ke dalam air dan menenggelamkannya dengan cara menariknya begitu saja. Cara memancingnya pun dengan berbagai cara, dapat berupa memunculkan suatu benda yang mengapung untuk menarik perhatiaannya, ataupun menggunakan tipuan lainnya.

Salah satu tanda bahwa suatu perairan telah dihuni oleh hantu air adalah, mereka akan membuat airnya menjadi tampak lebih berkilauan dibandingkan dengan air yang berada di kawasan lainnya. Dan biasanya untuk menghindari gangguan dari hantu air, para nelayan akan mengadakan upacara setiap tahun yaitu puja pantai yang bertujuan untuk memberi sesaji ke pantai agar tidak diganggu saat berlayar. Ritual ini biasanya diadakan menurut kepercayaan dan tradisi masing-masing. Dan setiap daerah mempunyai cara tersendiri untuk melakukannya.

Sebagian masyarakat juga mempercayai bahwa hantu air tadinya merupakan suatu energi, ilmu, atau makhluk halus yang telah dibuang seseorang ke dalam air. Karena pada nyatanya memang membuang suatu energi jahat ke air tidak menyelesaikan masalah, dan malah akan membuat masalah baru di tempat tersebut. Yakni mereka dibuang akan meneror dan mengusik tempat dimana ia dibuang.

Penyebab lainnya muncul hantu air adalah seseorang yang pernah tenggelam di sana, dan tidak mau berada di sana dalam keadaan sendirian. Jadi, ia akan mencari korban lainnya untuk menemaninya menghuni tempat tersebut dengan menenggelamkan orang lain di area tersebut. Penyebab lainnya lagi adalah bila mayat seseorang yang telah dibunuh secara keji dan mayatnya dibuang ke tempat tersebut. Maka bila hal itu terjadi, perairan itu akan sangat berbahaya. Karena penghuninya diliputi kemarahan dan dendam yang membara. Hal ini akan menyebabkan tempat tersebut menjadi samgat angker dan mengakibatkan banyak korban jiwa secara misterius.


Contoh hantu air yang banyak ditemukan:

· Jin penunggu air

· Hantu dari seseorang yang tenggelam di sana

· Hantu dari seseorang yang telah dibunuh dan jasadnya dibunuh di tempat tersebut

· Hantu/ jin yang menjaga kawasan air tersebut karena menjaga sesuatu


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar