Kuman Tong, Jimat Populer di Thailand

Bookmark and Share


Kuman Tong merupakan nama jimat yang paling populer di Thailand. Jimat ini sangat populer karena dikenal ampuh untuk membawa keberuntungan bagi bisnis yang dimiliki, menambah daya tarik/ pesona bagi pemiliknya, dan juga dapat melindungi dari marabahaya. Kuman Tong kini dapat ditemukan di berbagai toko, guna meningkatkan pengunjung yang mungkin hendak membeli sekaligus membawa keberuntungan sendiri terhadap sang pemilik toko itu sendiri.



Kuman Tong
Kepercayaan tentang kemampuan yang dimiliki Kuman Tong pertama kali muncul pada literatur klasik Thailand yang berjudul Kuk Cang Kun Pan. Cerita tentangnya menceritakan bahwa ia menemukan Boa Klee yang merupakan istrinya berencana untuk meracuninya. Lalu, ia pun membunuh istrinya dan mengambil janin yang telah mati dari rahim istrinya. Janin mati dari istrinya kemudian dijadikan sebagai jimat Kuman Tong dengan membakar janin tersebut terlebih dahulu agar ukurannya menjadi lebih kecil, lalu ia menutupinya dengan daun emas dan membungkusnya dengan kain selimut. Dan sejak saati itu, Kuman Tong merupakan bagian terpenting bagi Kun Pan karena ia merupakan anak yang dicintainya. Dan ia dapat membawa roh anaknya kemana-mana dengan bebas untuk menemaninya.



Sejak saat itu, Kuman Tong dikelompokkan menjadi suatu jimat yang suci karena ia terbuat dari roh bayi. Namun, tentunya Kuman Tong tidak dibuat seperti cara yang sama dengan sang Kun Pan tersebut. Karena dianggap tidak bermoral dan merupakan pelanggaran yang berat.



Sebenarnya menurut legenda kuman Tong dikelompokkan menjadi dua. Yaitu Kuman Tong yang liar, ganas, dan dapat menghancurkan musuh, dan yang kedua adalah Kuman Tong yang dapat memberikan daya tarik (pengasihan) dan juga keberuntungan bagi pemiliknya.



Berikut adalah 4 jenis Kuman Tong Sengit yang digunakan untuk menyakiti, menghancurkan dan membunuh musuh:



1. Kuman Tong Pretmun

2. Kuman Tong Pretdub

3. Kuman Tong Pretkong

4. Kuman Tong Pretsoon



Menurutu cerita masyarakat yang ada, bila ingin membuat Kuman Tong jenis seperti yang diatas. Sang Pendeta harus melakukan ritual dengan mengundang para hantu roh jahat dan para hantu yang meninggal secara tidak wajar untuk menghuni ke dalam patung Kuman Tong yang ada.



Berbeda lagi dengan Kuman Tong yang digunakan sebagai penambah daya tarik dan keberuntungan. Kuman Tong ini digunakan untuk menarik pelanggan pada toko yang sepi dan tidak memiliki nama, dan juga untuk menambahkan pesona bagi suatu bangunan, toko atau pemiliknya sendiri. Untuk Kuman Tong jenis ini, jimat Kuman Tong tersebut biasanya dinamai dengan Udomdat, Udomlap, atau juga Udomchoke. Bedanya adalah Kuman Tong jenis ini dibuat oleh seseorang yang bernama Laung Por Tae yang berasal dari wat Kuol Sam Ngam yang memiliki energi yang sangat kuat.



Jimat ini dibuat secara khusus hanya untuk melindungi rumah, mengundang para pelanggan, dan juga menambah pesona bagi pemiliknya atau dimanapun ia ditempatkan. Dengan Jimat ini pun pemiliknya juga tidak bisa menyakiti siapapun. Kuman Tong jenis ini merupakan Kuman Tong ini sangat terkenal diantara para pedagang karena membantu mereka untuk mendapatkan yang mereka butuhkan dengan cara yang baik.



Kuman Tong yang saat ini diciptakan dengan 3 cara. Yaitu:



1. Menggunakan tanah dari tujuh kuburan dan mencampurkan dengan debu abu dari tulang anak-anak

2. Menggunakan tanah biasa atau kayu yang dapat mengundang roh baik para malaikat

3. Menggunakan jenis kayu dari pohon kayu yang layu, terutama jenis kayu seperti Ruk Putera dan goosemary yang merupakan kayu suci.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar