Ritual Unik Memanggil Hujan

Bookmark and Share


        Hujan merupakan suatu fenomena yang bisa menyebalkan, namun juga fenomena yang juga banyak dinanti-nantikan. Khususnya oleh para petani pedalaman kota yang masih menggantungkan dirinya dengan hujan guna menjaga kesuburan sawah maupun ladang yang sedang digarapnya. Namun tahukah Anda di dunia ini ada berbagai rituak pemanggil hujan yang ukik dan memiliki suatu ciri khas tersendiri ? Bahkan biasanya ritual Memanggil hujan kebanyakan dilakukan dengan tradisi yang kental dan disertai dengan aura mistik yang kuat. Berikut adalah beberapa Ritual Memanggil Hujan yang ada di Dunia yang paling unik dan terkenal.

1. Teru-Teru Bozu

           Bila Anda penggemar film, komik, dan kartun Jepang, maka parinya Anda sudah tidak asing lagi dengan boneka Teru-Teru Bozu. Boneka Teru-teru bozu merupakan sebuah boneka berukuran kecil yang terbuat dari kain yang digantungkan di jendela kamar. Boneka ini diyakini sebagai jimat yang dapat membuat cuaca menjadi cerah. Namun, bila Anda menginginkan hujan, anda dapat menggantungnya dengan posisi terbalik, yaitu memposisikan bagian kepala dari teru-teru bozu tersebut di posisi bagian bawah.

2. Rain Dance (Tarian Hujan) di Amerika

Rain dance atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tarian hujan, merupakan sejenis tarian yang digunakan oleh para penduduk Amerika untuk menurunkan hujan. Hal ini dilakukan bagi para masyarakat Amerika yang berada di bagian barat daya, karena pada saat mengalami musim kemarau, mereka akan mengalami kekeringan yang menggila dengan waktu yang sangat panjang. Rain dance ini biasanya dilakukan oleh pria dan wanita pada pertengahan dan akhir bulan Agustus pada saat mereka mengalami musim kemarau yang paling kering. Mereka akan menari dengan kostum khusus dengan harapan bahwa hujan akan segera turun menyelamatkan mereka.

3. Rocket Festival, Thailand

Rocket Festival merupakan suatu festival yang dilakukan oleh para masyarakat Thailand dan juga etnis Lao di Laos untuk memanggil datangnya hujan pada saat mendekati datangnya musim hujan. Ritual ini dilakukan dengan cara menarikan tarian-tarian dengan musik tradisional disertai dengan melakukan peluncuran roket yang terbuat dari bambu ke angkasa. Peluncuran roket ini dilakukan dengan maksud agar Phaya, Taen sang Dewa hujan agar menurunkan hujan tepat waktu.

4. Manten Kucing, Tulungagung

Hal ini mungkin agak sedikit menggelitik, namun benar-benar ada. Para masyarakat akan melakukan manten kucing yang berarti memandikan sepasang kucing yang ada di Coban Kromo. Kegiatan ini menyimbolkan menjodohkan kucing, dengan harapan dapat terjadi turunnya hujan di daerah sana agar mereka terbebas dari kekeringan yang sangat mengkhawatirkan.

5. Cowongan-Banyumas, Indonesia

Ritual ini dilakukan dengan cara menyiapkan gayung dan membacakan mantra. Ritual ini dilakukan untuk memanggil hujan melalui Cowongan dengan bantuan para bidadari. Karena itulah yang melakukan ritual ini adalah para kaum wanita saja.  Ritual pemanggilan hujan merupakan ritual yang penting karena ritual ini berhubungan dengan kesejahteraan para petani. Karena pada saat musim kemarau mereka akan mengalami kekeringan parah yang sering menimbulkan gagal panen. Karena itulah ritual ini merupakan ritual yang amat penting disana.

Dari berbagai ritual yang ada, berbagai ritual inilah yang paling terlihat unik dan menarik. Ritual memanggil hujan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, bahkan ada yang sangat ekstrim. Namun biasanya ritual pemanggilan hujan ini hanya dillakukan oleh mereka yang masih memegang nilai teguh adat istiadat kedaerahan mereka.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar